Economy

karena udah agak tua, akhirnya aku sadar buat sadar dan baca berita. terkadang, karena kurangnya pengetahuan bisa menimbulkan salah persepsi dari berita.  seperti yang dihadapi sekarang, di amerika itu udah resesi, peningkatan suku bunga. nah apa di indonesia juga? kadang aku yang baca berita ini jadi mikir, di indonesia itu resesi juga atau inflasi. secara umum, inflasi bisa disebut dengan kenaikan harga, sedangkan deflasi penurunan harga.bicara soal investasi pendidikan, sekarang kalau pendidikan buat diri sendiri aku rasa udah cukup. ada banyak hal yang harus aku pelajari sendiri diluar dari sekolah atau kampus.  hal hal kecil, di kehidupan sehari hari ada begitu banyak hal. hal ini menjadi variabel variabel penting dalam kehidupan. Ya aku rasa penting, karena kalau variabel penting ini berubah pasti akan berdampak pada kehidupan.  entah mungkin gelas ku yang terlalu penuh, atau apa. aku butuh teori yang langsung bisa di terapkan. bukan hal hal yang gak bisa di terapkan. hal hal yang bisa dilakukan secara langsung, karena aku ga bisa. anies lagi ke seret. habis jabat, kena kasus. apa biar, gantian gitu ya? ada orang lain lagi yang jabat. baca trending twiter pun kadang aneh. web punya siapa? elon musk.

capek, asal hasilnya memuaskan. aku rasa ga pa pa. ekonomi, investasi memodali kerugian pasti berdampak bagi kesehatan mental. aku sempet banget ngalami hal hal kayak gini. termasuk karena setelah belanja.  kerap, gw kejebak belanja barang. dan akhirnya kehabisan biaya untuk biaya sehari hari. dan rasanya biasanya kesel banget. bawaannya marah aja.  investasi, di demo virtual account kondisi investasi itu masih rugi. dari modal 100 juta tiap akun, salah satu akun masih merugi sekitar 19 juta. bicara soal kekayaan, dunia gelap dan dunia cahaya sebagai perumpamaan. ga ada yang tau mana yang lebih kaya.  karena kadang mencari uang dijalan yang halal pun, sulit. begitu pula di dunia yang haram. gak semudah yang dibayangkan. seperti singapura, entah kenapa aku males banget kalau udah di batam, cuman buat ke singapur. padahal hanya bermodal paspor. 

berbeda dengan di jawa, gak perlu surat izin untuk keluar daerah. lebih gampang, bisa keluar masuk kota dengan sangat gampang. sedikit biaya, bisa pergi ketempat yang baru. birokrasi yang sulit. itu mungkin yang membedakan. mungkin sedikit berbeda dengan amerika, yang mengeluelukan kebebasan. tapi, hal seperti itu gak munkin sebebas itu.  ada norma norma yang harus diperhatikan, ada berbagai macam aturan yang harus diperhatikan.  ada momok yang paling aku benci dari memimpin. aku males banget mikirin uang, banyak banget komponen yang bisa diperhatikan, tapi jika dibahas soal uang. padahal memang bukan uang aku, cuman ya kenapa aku yang harus memikirkan? kenapa? 

daya jangkau, dulu daya jangkau aku jauh banget. sangat jauh. tapi sekarang udah enggak lagi.

Investasi jangka panjang. Investasi yang dilakukan jangka panjang. Sebenarnya penulis tertarik dengan saham gudang garam harga yang sudah turun di bawah all time highnya sekitar 60rb per lembar saham. Namun, Investasi kripto tampak lebih menarik. Untuk itu penulis berfikir, masih terasa sulit untuk dapat berinvestasi dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Resesi pun tiba. Setelah inflasi panjang. dulu, sekitar 2 tahun belakangan aku ngikutin berita ekonomi, dan ekonomi dipengaruhi dengan suku bunga, ketika covid, ada beberapa negara yang menurunkan suku bungannya, bahkan beberapa negara menetapkan suku bungannya negatif. di beberapa negara suku bunga sangat kecil, namun sekarang sudah membaik dan meningkat lagi. ketika suku bunga sangat minim banyak hal yang terjadi.

mulai dari harga kontrak minyak yang negatif, harga kripto yang melambung, emas naik sangat tinggi, pasar saham di jual dengan harga murah. dan sepertinya ekonomi mulai membaik, harga minyak yang sekarang naik tinggi, saham yang mulai mahal, emas yang tidak terlalu mahal. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokokripto

Pi token

IHSG