Obligasi

 obligasi ini banyak macemnya, yang paling liquid atau paling mudah di cairin bahasa mudahnya di pake blanja ya reksadana pendapatan tetap. gerak fluktuatif cuman 1 hari sekali tiap pagi, dari selasa sampai hari sabtu, pembelian bisa dilakukan setiap hari.

jenis lainnya ada ori dan sukuk, ori bisa dicairin jauh sebelum jatuh tempo. berbeda dengan sukuk, jatuh tempo cuman 2 tahun, tapi gak bisa di perdagangkan sama sekali, cuman memang dana yang harus di alokasikan gak sedikit, aku pernah coba masukin dana 64 juta dengan alasan, ya memang menghindari kerugian lebih jauh di aset ya beresiko. setiap bulan di berikan imbal hasil yang cukup besar, 240rb mungkin sebulan, bersih dikirim ke rekening. cuman memang rasanya gak enak banget, walau ya memang uang yang di setor ke dalam aset obligasi gak berkurang dan di beri imbal hasil.

rasanya ya seperti punya uang tapi gak bisa di pakai sama sekali. setelah setahun, ada report atau laporan dari imbal hasil yang diterima cuman imbal hasil yang diterima ini pasti terpakai untuk kebutuhan sehari hari yang jelas gak cukup dan kurang banget.

saran gw buat yang mau nyelamatin dana atau uang boleh coba metode ini, cuman rasanya gak seenak yang dibayangkan gaes. saat akhir pengembalian dana yang dikembalikan uang yang disetor, dan uang yang disetor tiap bulan itu enggak karena udah dikirim tiap bulan. 

mungkin uangnya bisa digunakan nanti saat memang kondisi udah membaik, sesuai dengan kebutuhan. saya sudah bebas obligasi.

sedikit ulasan kenapa aku beli aset satu ini, karena aset satu ini adalah salah satu jenis aset yang rata rata di koleksi oleh para mentri. aset yang memang tidak bisa di ganggu gugat. apa pun yang terjadi aset tidak akan berkurang nilainya, ditambah lagi imbal hasil yang diberikan cukup menarik, cuman aku ngerasa ini bukan jalan ninja ku. akhirnya aku berhenti dan menjual aset ini.

bentar lagi penjualan sukuk kelar, kalau di pikir pikir emang cuan. cuman, akses dari uang yang dijadikan aset bakal hilang. belum lagi, kebutuhan sehari hari, aku ngerasa gak bakal cukup dengan sukuk aja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokokripto

Pi token

IHSG